Selasa, 28 September 2010

BAHKAN BETHOVENPUN CEMBURU

ANDAI NABI NAMBAH SATU : serial Gado2 Perjalanan Haji


12. DILARANG MENGEMIS

Di halaman Masjidil Haram ada larangan 3 M : Dilarang Memotret, Dilarang Merokok, dan Dilarang Mengemis. Untuk urusan mengemis malah diberi tambahan : It Not Dignified . Artinya Tidak Terhormat alias pekerjaan yang sangat memalukan. Larangan tetap larangan, yang mengemis juga ya tetap ada. Ada pengemis yang cacat, ada juga yang tidak cacat tapi mengendong bayi. Ada juga anak dibawah umur menjual tisu kecil seharga 1 Reyal tapi tisunya tidak pernah dikasihkan.
Seorang jamaah memberitahu bahwa beberapa tahun lalu sering memberikan sidekah kepada seorang ibu dengan anak kecil digendongannya. Sekarang, lanjutnya, anaknya juga sudah mulai ikut mengemis pula.
“ Kalau begitu masih bagusan pengemis Indoneisa dong !” kata seorang jamaah.
“ Ah, di Indonesia juga sama saja !” sahut jamaah yang lain.
“ Oh tidak, saya tahu seorang pengemis di Statsiun Kereta Bogor tapi anaknya sekarang di IPB Dramaga “ sanggahnya.
“ Masa ? Kuliah di IPB ? “ jamaah yang lain terheran campur kagum.
“ Bukan, ya ngemis juga !” jawabnya enteng. Ah …. ada ada saja !



13. C U SOON ( SEE YOU SOON)

Komunikasi dengan keluarga di tanah air merupakan bagian penting selama melaksanakan ibadah haji. Ada wartel tapi mungkin agak jauh dari tempat penginapan anda. Ponsel yang kita bawa dari rumah tidak dapat berfungsi karena tidak sempat mengajukan permohonan kepada providernya untuk difungsikan di luar negeri, kalaupun bisa pasti biayanya mahal karena roaming. Jadi bagaiman dong ?
Ada operator lokal yang menyediakan layanan prabayar bernama Al Jawal (ini bukan iklan), dengan isi pulsa 100 unit dijual seharga SA 150. Kalau mau keliling dulu untuk sekedar perbandingan ada toko yang menjual dengan harga SA 130, bahkan ada yang pintar menawar dan hanya keluar uang SA 100 saja. Kirim SMS ke Indonesia biayanya cuma SA 0,6 atau sekitar Rp 1500,- dan antara AL Jawal hanya SA 0,2 atau Rp 500,- an. Dibandingkan dengan di wartel, biaya percakapan ke rumah juga jauh lebih murah, andapun bisa telpon kapan dan dimana saja, kecuali di dalam mesjid tentu saja. Dengan menggunakan operator lokal jelas dapat menghemat biaya komunikasi paling tidak lewat SMS C U Soon sekedar pelepas rindu kepada keluarga di tanah air.
“ Kok tidak pakai Al Jawal bung, kan lebih murah biayanya ?” kataku.
“ Biar aja yang bayarin kan kantor !” jawab si bung enteng.
Kalau gitu ya lain soal deh…..



14. BETHOVENPUN CEMBURU
`
Setiap sholat di Masjidil Haram suara imam sangatlah sempurna. Lembut, jernih, halus dan nyaman diterima telinga kita. Kesempurnaan ini tidak terlepas dari peranan ahli akustik dalam merancang system penataan suara. Bagi yang pernah menikmati konser musik klasik di German, penataan sistem suara di Masjidil Haram sungguh menakjubkan, walau banyak ruangan terbuka disana tetapi suara imam tetap terdengar sempurna. Kalau masih hidup, mungkin Bethovenpun akan cemburu menyaksikan rancangan yang sempurna ini.
Masjidil Haram adalah masjid tertua di dunia yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Dari masa ke masa Masjid Haram mendapat perbaikan, pembaharuan dan perluasan yang diprakarsai oleh Raja Raja Islam yang disesuaikan dengan kebutuhan pada masa itu. Perluasan terakhir dilaksanakan atas prakarsa Raja Fahd, dan pada saat musim haji sekarang ini dapat menampung 1 juta jamaah. Yang tidak akan berubah tentu saja adalah Ka’bah tetap berada di tengah-tengah dan menjadi kiblat sholat bagi muslim diseluruh dunia.
Berbeda dengan masjid manapun di dunia, saf di masjid ini berbentuk lingkaran yang merupakan keunikan tersendiri. Diyakini bahwa sholat di masjid Haram lebih utama dari seratus ribu kali sholat di masjid lain. Di komplek masjid Haram terdapat tempat penting selain Kabah yaitu Makam Ibrahim, kuburan Nabi Ismail dan Ibunya (Hijir Ismail), mata air Zamzam dan Mas’a yaitu tempat melakukan Sa’i antara bukit Shafa dan Marwah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar