Jumat, 01 Oktober 2010

INDONESIA BAGUUUUUUUS

Serial ANDAI NABI NAMBAH SATU : Gado2 Perjalanan Haji


17. INDONESIA BAGUUUUS

Ada tugu peringatan di puncak bukit tempat pertemuan Adam dengan Hawa setelah terpisah selama 200 tahun. Tempat itu bernama Jabal Rahmah yang artinya Bukti Kasih Sayang. Ketika terusir dari surga Adam di turunkan di daerah yang sekarang bernama India sedangkan Hawa di Irak, jarak yang sangat jauh pada waktu. Mereka dipertemukan kembali di Padang Arofah tepatnya di Jabal Rahmah tadi. Setelah saling melepaskan rindu mereka kemudian menetap dan mengembangkan keturunannya di Makkah. Arafah artinya tahu atau kenal, yaitu tadi setelah 200 tahun terpisah akhirnya tahu bahwa yang selama ini dicari dapat dipertemukan kembali. Pertemuan yang sangat bersejarah ini diperingati setiap tahun oleh nabi Adam dan oleh kita sebagai keturunannya pada saat melaksanakan ibadah haji. Disela sela ibadah wukuf di Padang Arafah banyak jemaah haji yang menyempatkan diri untuk mendaki puncak bukit dimana disitu dibangun sebuah tugu bercat putih untuk mengenang peristiwa bersejarah itu. Kalau cukup waktu dan masih kuat mendaki silahkan naik, kalau tidak cukuplah berfoto naik unta hanya bayar SA 10 saja.
Indonesia baguuus, Indonesia bagus ! dimana ada jualan barang dan jasa pasti terdengar ucapan ini, wajar saja namanya orang jualan mencari pembeli apalagi orang Indonesia paling senang kalau dipuji.
Dalam perjalanan pulang ke Makkah kami mampir di masjid Jiranah, disini tempat miqot bagi yang berniat umrah (lagi). Jiranah merupakan miqot paling tinggi derajatnya diantara miqat lainnya. Selain terdapat masjid, di kampung ini terdapat sumur Bir Thoflah yang tidak pernah kering dan merupakan salah satu mukjizat nabi karena mata airnya berasal dari tanah yang dipukul oleh tongkat nabi pada saat pasukan Islam kehabisan air sepulang dari Perang Hunain. Air sumur sering dipercaya membawa mukjizat sebagai obat, sedangkan nama Jiranah adalah nama seorang wanita yang mengabdikan dirinya menjaga dan memelihara masjid tersebut. Layaknya di tanah air, cerita tentang keajaiban di masa lalu selalu tersambung dari generasi ke generasi lainnya.
Disekitar masjid ada deretan toko penjual makanan, paling ujung adalah minimarket yang saya masuki. Ketika bayar di kasir, dia bertanya :
“ Indonesia ?”
“ Yap !”
“ Indonesia bagus, Indonesia baguuus !!”.
“ Indonesia bagus, Malaysia bagus, Turkey bagus, every country who come here baguuus and you brother, must be baguss too !”. Nampaknya dia mengerti maksud saya dan mengangguk sambil senyum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar