Rabu, 20 Oktober 2010

KUBURAN KITA TERNYATA BEDA

SERIAL ANDAI NABI NAMBAH SATU

28. BUMPER CAR DAN KAOS KAKI

Di halaman Masjidil Haram dan Nabawi yang luas sering terlihat kendaraan berbentuk mirip bumper car hilir mudik siang malam membersihkan lantai. Kalau di dalam masjid pembersihan dilakukan tanpa mesin alias manual pada saat tidak sedang sholat berjamaah. Bahan yang dipakai sebagai pembersih teridiri dari 3 macam yaitu desinfektan, insektisida dan cairan pembersih yang komposisinya mengandung caustic soda (NaOH).
Kalau kaki kita gatal gatal dan kulitnya pecah boleh jadi itu akibat bahan kimia pembersih lantai yang menempel pada kulit yang sensitif. Oleh karenanya pakai kaos kaki mungkin lebih aman, selain mencegah kontaminasi bahan kimia juga sebagai pelindung dari dinginnya cuaca yang menyebabkan lantai terasa seperti balok es. Disekitar masjid banyak yang jualan kaos kaki murah seharga SA 2, cukup untuk dipakai satu hari kemudian ganti lagi yang baru dari pada cuci di laundry yang ongkosnya lebih mahal. Boleh juga beli yang berbahan kulit imitasi seharga SA 10 atau sekitar Rp. 25.000,- bila kotor cukup di lap dan tidak perlu dibawa ke Indonesia.


29. KUBURAN KITA TERNYATA BEDA

Dekat masjid Nabawi sekitar 30 meter kearah timur ada komplek pekuburan penduduk Madinah yang bernama Baqi artinya Tanah Abadi (Alam Baqa). Konon pada tahun 2004 areal maqom ini diperluas dengan menggusur hotel, dan bukan kebalikannya kuburan digusur untuk hotel. Mungkin ini cerminan dari kepercayaan masyarakat Arab bahwa kehidupan akherat jauh lebih penting dari kehidupan duniawi. Di pekuburan Baqi ini terdapat makam lebih dari 10.000 sahabat nabi termasuk Usman bin Affan, putra-putri dan semua isteri nabi kecuali Siti Hadijah yang dimakamkan dipekuburan Ma’la di Mekah. Jamaah haji dan umrah yang meninggal diperbolehkan untuk dimakamkan disini, dimana Nabi pernah berdoa agar semua yang dimakamkan disini diampuni dosanya oleh Allah.
Adakah bedanya kuburan di sini dengan di Indonesia ? Bedanya kalau di kita makam membujur utara-selatan dengan kepala disebelah utara menghadap ke barat. Di Baqi membujur dari barat ke timur dengan kepala di barat menghadap ke selatan. Lho kok ? soalnya Kabah atau kiblat ada disebelah selatan Madinah, kalau di Mekah bagaimana ? Nah itu dia yang ane belum tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar